Selasa, 31 Mei 2011

ETIKA PENGGUNAAN INTERNET DI PERUSAHAAN

Istilah profesi adalah suatu hal yang berkaitan dengan bidang tertentu atau jenis pekerjaan (occupation) yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian, sehingga banyak orang yang bekerja tetapi belum tentu dikatakan memiliki profesi yang sesuai. Dengan keahlian saja yang diperoleh dari pendidikan kejuruan, juga belum cukup untuk menyatakan suatu pekerjaan dapat disebut profesi. Tetapi perlu penguasaan teori sistematis yang mendasari praktek pelaksanaan, & penguasaan teknik intelektual yang merupakan hubungan antara teori dan penerapan dalam praktek. Maka orientasi utama profesi adalah untuk kepentingan masyarakat dengan menggunakan keahlian yang dimiliki. Akan tetapi tanpa disertai suatu kesadaran diri yang tinggi, profesi dapat dengan mudahnya disalahgunakan oleh seseorang seperti pada penyalahgunaan profesi seseorang dibidang komputer misalnya pada kasus kejahatan komputer yang berhasil mengcopy program komersial untuk diperjualbelikan lagi tanpa ijin dari hak pencipta atas program yang dikomesikan itu. Sehingga perlu pemahaman atas etika profesi dengan memahami kode etik profesi.

FASILITAS YANG TERDAPAT DI DALAM INTERNET

Adapun Fasilitas-Fasilitas di Dalam Internet, di antaranya yaitu :
1)Electronik Mail (E-mail)
Fungsinya untuk mengirim atau menerima surat dari berbagai penjuru dunia.
Sebagai pemakai INTERNET, Anda dapat mengirim dan menerima pesan dari pemakai INTERNET lain dari berbagai penjuru dunia. Namum selain pesan-pesan pribadi, dengan E-mail dapat juga mengirim dan menerima file binary. Untuk dapat menerima surat elektronik, harus memiliki kotak pos (mailbox) untuk menampung surat-surat yang masuk sebelum penerima sempat membacanya. Sebuah kotak pos elektronik (electronic mailbox) sama dengan kotak pos dikantor pos. Siapapun bisa mengirim surat ke kotak pos, tetapi hanya pemiliknya yang bisa meneliti dan membuang isi kotak surat tersebut.
Alamat kotak pos untuk surat elektronik disebut E-mail address.
2)Tele Networking (TelNet)
Fungsinya untuk mengakses komputer (host/server) dari jauh.
Telnet adalah program yang memungkinkan komputer kita menjadi terminal dari komputer lain di INTERNET. Telnet memungkinkan kita untuk masuk (log in) sebagai pemakai komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang ada di komputer tersebut.
3)User’s Network (UseNet)
UseNet adalah sistem kelompok diskusi di mana artikel-artikel didistribusikan ke seluruh dunia. UseNet memiliki ribuan kelompok diskusi, sehingga tidak heran jika UseNet meliputi segala macam topik.
4)World Wide Web (WWW)
Sering disebut “the WEB”/”W3”, merupakan sistem dalam internet yang memiliki fasilitas pencarian dan pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext.
Untuk membuat Hypertext, dikembangkan sebuah bahasa pemrograman khusus yang memungkinkan pengikatan alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen. Sesuai dengan fungsinya, bahasa pemrograman ini disebut Hypertext Mark up Language (HTML). Agar file yang berisi Hypertext ini bisa dikirimkan, diperlukan protokol pengiriman data yang spesifik yang disebut HyperText Transfer Protocol (HTTP).
Untuk menemukan setiap hubungan Hypertext digunakan Uniform Resource Locator (URL). Karena itu, halaman WWW juga disebut dokumen URL.
5)Internet Relay Chat (IRC)
Internet Relay Chat/IRC merupakan fasilitas untuk komunikasi langsung dengan menggunakan keyboard. Kita dapat ambil bagian dalam komunikasi publik dengan sekelompok orang. Atau jika kita menginginkan, kita dapat menggunakan IRC untuk mengatur komunikasi pribadi dengan orang-orang tertentu. Yaitu sejenis dengan Teleconference.
6)Internet Phone/Conference
Fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via INTERNET. Untuk itu diperlukan aplikasi khusus dan dukungan hardware multi media.
7)WAIS Server
WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam INTERNET. WAIS mampu mengakses segala database yang besar (seperti dokumen, file berisi gambar, video dan suara).
8)Gopher
Fasilitas Internet yang menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan. Namun, pada Gopher hanya berbasis teks saja.
9)Mailing List
Fasilitas ini termasuk forum untuk berdiskusi,ataupun menyampaikan berita, walaupun kita tidak bertatap muka secara langsung. Dengan menggunakan fasilitas ini, sebuah berita/file dapat didistribusikan ke banyak pengguna sekaligus. Bahkan penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat dimensi ruang dan waktu. Diskusi dapat berlangsung setiap hari tanpa henti. Hasil yang diperoleh akan jauh lebih efektif daripada penyelenggaraan seminar/ konvesional.

Internet saat ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sebagian orang. Sebagian besar perusahaan telah menyediakan fasilitas internet kepada karyawannya, yang tujuannya tentu saja untuk mendukung pekerjaan. Jika dimanfaatkan dengan baik, media-media jaringan sosial online bisa membantu perusahaan menemukan tujuan terpenting dari komunikasi internal, yakni meng-engage karyawan.
Namun, dengan kekayaan yang bisa ditawarkan internet mulai dari email, mailing list, chatting, belanja, berita, edukasi, hiburan, games, blogging, hingga perjudian dan pornografi muncul keraguan yang cukup beralasan, benarkah penggunaan internet di kantor hanya untuk tujuan pekerjaan?

Ada beberapa aturan yang bisa diterapkan dalam penggunaan internet di lingkungan perusahaan, antara lain :
• Pembatasan penggunaan internet yang dilakukan oleh divisi IT
didasarkan pada penghematan bandwith atau biaya koneksi internet yang harus dibayar oleh perusahaan
• Pemblokiran situs-situs tertentu yang dianggap tidak ada hubungannya dengan pekerjaan seperti Friendster, Facebook, Twitter dan Blogger
• Menggunakan beberapa software yang lebih pintar, ada software yang hanya membolehkan karyawan mengakses situs-situs yang tidak berhubungan dengan pekerjaan di luar jam kerja
• Selain itu, bisa juga perusahaan menerapkan akses internet yang customized, yaitu disesuaikan dengan bidang pekerjaan masing-masing. Misalnya, bagian accounting hanya mengakses situs-situs yang berhubungan dengan accounting saja.

Diharapkan pemimpin perusahaan dapat mengambil manfaat terbaik dari teknologi internet. Termasuk, kalau perlu membuat aturan-aturan yang jelas seputar penggunaan media-media di internet itu untuk tujuan-tujuan internal yang produktif. Penggunaan internet oleh karyawan di lingkungan perusahaan juga tergantung dari individu masing-masing sebab tidak semua karyawan menggunakan fasilitas internet tersebut.